Cara Mudah Cek Resi JNE Via HP

Posted on

Apabila kamu memiliki barang atau item yang ingin dikirimkan ke teman atau kerabat yang berada jauh disana, luar kota, luar provinsi, menggunakan jasa kurir manakah yang akan kamu pilih?.

JNE sebagai salah satu raksasa dalam bidang pengiriman dan logistik di Indonesia. Tahgu gak sih nama resminya adalah TiKi Jalur Nugraha Ekakurir (TiKiJNE). Perusahaan ini didirikan pada tanggal 26 November tahun 1990 oleh H. Soeprapto Suparno. Perusahaan ini sebetulnya didirikan untuk salah satu divisi dari TiKi (pasti tahu donk TiKi itu apa) untuk jaringan pengiriman internasional. Namun pada perkembangannya, JNE memisahkan diri dari TiKi dan membentuk perusahaan yang mandiri, ya karena mempunyai arah yang berbeda dan kecenderungan yang berbeda. Karena itu akhirnya JNE membentuk logo sendiri dengan manajemen sendiri juga.

Bagaimana Cara Cek Resi JNE Via HP?

Cara mengirimkan barang via JNE cukup mudah, cukup datangi cabangnya yang terdekat dari rumah kamu, pilih jenis pengiriman, daftarkan barang, timbang beratnya, cantumkan alamat, isi form yang perlu atau ikuti bimbingan dari petugas / counter JNE, tinggal membayar sejumlah biaya jasa pengiriman beres.

Sebagai bukti transaksi kamu akan diberi Resi atau disebut juga dengan E-Consigment Note yang merupakan tanda bukti transakasi pengiriman sah dari JNE. Resi ini berisi keterangan pengirim, penerima dan berapa biaya yang harus dibayarkan oleh pengirim serta nomor resi.

Nomor Resi disebut juga dengan No. E-Connote adalah sejumlah kombinasi angka yang dipakai untuk tracking dimana posisi barang kiriman yang bisa di cek melalui beberapa cara. Biasanya ada beberapa situs atau website yang menyediakan layanan untuk pengecekan resi JNE, namun bagaimana bagi kamu yang ingin pengecekan yang lebih private melalui HP sendiri?. Nah, tim Cutpen.com akan mengupas bagaimana cara cek resi JNE via HP dengan mudah untuk teman-teman. Kuy lihat caranya.

Cek Resi JNE Via Aplikasi MyJNE

Cara ini cukup mudah untuk digunakan, kamu hanya perlu smartphone kamu, dan pastikan ada jaringan internet ya, karena cara ini membutuhkan kita untuk mengakses dan mendownload aplikasi MyJNE. Berikut langkahnya:

Cara Cek Resi JNE Via HP
Cek Resi JNE Via Aplikasi MyJNE
  1. Buka Playstore di Smartphone kamu,
  2. Ketikkan MyJNE di kotak pencarian bagian paling atas,
  3. Klik Install/Download aplikasi MyJNE,
  4. Klik MyJNE yang sudah terinstall, tinggal masukkan nomor resi kamu.

Cek Resi JNE Via Browser di HP

Cara yang ini tentunya membutuhkan smarthphone dan jaringan internet, kamu bebas memilih ingin menggunakan browser yang mana saja, akan tetapi pastikan tidak terinstall add-on Adsblocker atau sejenisnya ya, karena bisa mengganggu fitur web JNE nya loading. Berikut cara mengecek resi JNE via browser HP :

Cek Resi JNE Via Browser HP
  1. Klik icon aplikasi browser kamu,
  2. Pada search bar bagian atas ketikkan “jne.co.id”
  3. Kamu akan otomatis redirect ke halaman Home web JNE seperti di atas,
  4. Pada bagian “lacak Kiriman”, tinggal kamu masukkan nomnor resinya,
  5. Done

Cek Resi JNE Via SMS

Untuk cara yang terakhir ini, sayangnya hingga saat ini, belum tersedia. Fitur yang sedikit mirip hanya ada di JNE YES, dimana apabila kamu akan menerima barang via JNE YES, maka kamu akan menerima SMS dengan keterangan bahwa barang kamu sedang dalam proses pengiriman oleh kurir JNE.

Seberapa Cepatkah Cek Resi JNE Via HP?

Apabila digali bener-bener sih, jawabannya adalah “relatif”, karena ada beberapa faktor yang mempengaruhi seberapa cepat pengecekan, yaitu :

  • Kecepatan jaringan internet HP kamu.
  • Kestabilan server JNE.
  • Beban loading server pihak ketiga.

Semakin kencang jaringan internet kamu, maka loading juga semakin cepat, namun apabila server JNE overload atau terlalu banyak request dalam waktu bersamaan, maka tentu saja akan ada antrian hingga giliran request kita terpenuhi.

Berikut ini adalah sejumlah keterangan atau deskripsi tentang berbagai istilah atau kode status pengiriman paket yang biasa tertera ketika kamu melakukan pelacakan dengan menggunakan nomor resi:

  • Manifested: Barang sudah diterima JNE dan menunggu proses pengiriman selanjutnya.
  • On Process: Barang sudah dalam proses pengiriman.
  • On Transit: Barang yang dikirim sedang transit di kota lain dan sedang menunggu jadwal pengiriman ke kota atau daerah tujuan.
  • Received on Destination: Barang berada dalam kota atau daerah tujuan, tapi belum diantar oleh kurir ke tempat penerima.
  • With Delivery Courier: Barang sudah dibawa oleh kurir dan akan diantar ke tempat penerima dalam waktu 1-2 hari.
  • Delivered: Barang sudah diterima oleh penerima. Biasanya tertulis juga nama penerima paket saat Anda melakukan pelacakan di situs resmi JNE.
  • AU (Antar Ulang): Barang telah dibawa oleh kurir, tapi belum sempat diantar pada hari sebelumnya. Jadi, pengantaran barang akan dilakukan kembali pada hari ini.
  • BA (Bad Address): Alamat pengiriman tidak jelas dan meliputi kesalahan dalam menulis nama jalan, nomor RT/RW, nomor jalan, kode pos dan lain – lain.
  • MR (Misroute): Pengiriman salah menggunakan jalur atau tujuan yang salah. JNE akan berusaha membetulkan jalur pengiriman paket yang digunakan.
  • CC (Criss cross): Paket tertukar dengan paket lainnya.
  • Redelivery: Barang dijadwalkan untuk diantar ulang karena sebelumnya tidak ada penerima di alamat yang dituju.
  • CODA (Closed Once Deliver Attempt): Barang sudah diantar kurir ke alamat penerima yang tertera, tetapi alamat penerima salah atau kosong. Apabila muncul status ini saat tracking, sebaiknya pengirim/penerima segera menghubungi call center JNE.
  • Cnee Unknown: Nama penerima paket tidak dikenali di tujuan pengiriman atau orang yang seharusnya menerima paket tidak tinggal di alamat tersebut.
  • NTH (Not at home): Saat paket diantar ke alamat tujuan, tidak ada orang yang menerima di tempat tersebut.
  • Box Delay: Barang ada di gudang JNE, tidak dikirimkan karena alamat salah atau tidak lengkap. Sebaiknya penerima mengambil barangnya langsung di gudang dengan menyebutkan nomor resi dan membawa KTP.
  • Invalid Bag: Status yang menunjukkan bahwa paket berada di tas yang salah sehingga mengikuti pengiriman di jalur yang salah.
  • LBA (Luar Batas Antar): Lokasi tujuan di luar zona pengiriman JNE, kasus ini terjadi ketika alamat pengantaran berada di daerah yang terpencil. Jika muncul status ini, disarankan penerima langsung menghubungi JNE untuk mengambil paketnya langsung di JNE.
  • AU to OPS: Barang yang sebelumnya tidak sampai ke penerima sudah diserahkan kembali ke operasional JNE untuk dikirim ulang.
  • Hand over: Barang telah diserahkan ke pihak lain untuk diteruskan pengirimannya, biasanya JNE pusat akan menyerahkan ke agen JNE lain yang lebih dekat dengan alamat pengiriman.
  • Pending undel: Paket tidak dikirm atau ditunda, sebaiknya penerima langsung mengambil paketnya di JNE pusat.

Kemudian ada juga nih beberapa deskripsi atau keeterangan dari istilah – istilah yang dipakai pada proses pengiriman paket melalui JNE.

  • Super Speed (SS): Ini merupakan jenis layanan antar paket atau dokumen peka waktu yang harus diberangkatkan sesegera mungkin di luar jadwal rutin dari JNE.
  • YES (Yakin Esok Sampai): Layanan pengantaran paket atau dokumen dengan jaminan sampai di tempat tujuan pada esok hari (meskipun hari minggu dan hari libur nasional).
  • REG (Reguler): Layanan antar paket atau dokumen ke seluruh wilayah di Indonesia dengan estimasi sampai 1-7 hari kerja, tergantung zona daerah yang menjadi tujuan pengiriman.
  • OKE (Ongkos Kirim Ekonomis): Layanan antar paket atau dokumen ke seluruh wilayah di Indonesia dengan tarif yang sangat terjangkau. Akan tetapi, estimasi sampainya lebih lama dari layanan REG.
  • International Service: Layanan kirim paket dan dokumen ke berbagai negara di luar Indonesia.
  • Money Remittance: Layanan pengiriman uang dengan bekerjasama dengan perusahaan internasional yang bergerak dalam jasa pengiriman uang, Western Union.
  • JNE Pick–Up Point (JNE Pipo): Layanan alternatif bagi pelanggan dalam proses penerimaan kiriman.
  • JNE Online Payment (JOP): Fitur layanan terbaru dari JNE untuk pemesanan dan pembelian tiket kereta api atau pembayaran tagihan PLN, Telkom, dan Speedy. JOP sudah tersedia di beberapa cabang JNE di Indonesia.
  • JNE Online Booking (JOB): Layanan pengisian resi pengiriman dan melakukan pembayaran secara online. Setelah selesai, Anda hanya perlu menunjukkan kode booking kepada petugas counter JNE tanpa perlu mengantri lagi.

Semoga Bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *